Selamat Datang 2020

Hai Kawan! Makasih udah sempet baca ya 😊 Kita kenalan yuk, Kenalin Aku Arif, Tahun 2020 ini umurku menginjak 17 tahun, Aku juga lagi nimba ilmu di salah satu SMA Kota Kretek. Gak kerasa ya, 1 tahun berlalu begitu cepat ibarat angin lalu. Menyisakan banyak catatan yang perlu dievaluasi. Masalah yang datang bertubi-tubi tapi juga dibarengi kabar gembira yang menyelimuti.

Semoga di tahun 2020 ada perubahan yang berarti. Tulisan pertama ini menandai keaktifan personal blog ini, kedepannya menjadi buku harian yang akan menemani. Terbesit keinginan untuk menggunakan WordPress self-hosting, tapi apa daya dana lagi gak ada 🙂 Jadi kalo ada yang gratis sebisa mungkin dimanfaatkan.

Pengalaman

Bagi beberapa orang, menulis di blog akan sia-sia, karena waktu ke waktu kita mulai tak tertarik dengan membaca. Alih-alih mengunjungi blog, kita dimanjakan dengan adanya platform video seperti YouTube. Tapi setidaknya, ini akan menjadi sebuah jejak di internet, agar senantiasa ingat setiap momen yang Aku lalui. Aku sendiri mulai kenal dunia blogging semenjak tahun 2014, platform pertama yang aku gunakan adalah MyWapblog, yang akhirnya tutup ditahun 2016 dan tak disebutkan secara spesifik alasannya. Sebagai pengguna gratisan sepertiku ini ya pasti sedih, ditambah ketika batas waktu untuk backup terlampui, postingan yang sudah ditulis harus direlakan.

Tak menyerah, sempat beberapa kali menggunakan hosting gratisan tapi terpaksa untuk pindah karena layanannya gulung tikar. Ya mau gimana lagi, waktu itu masih SMP kelas 7 uang saku pas-pasan, semenjak saat itu Aku putuskan untuk hiatus beberapa waktu. Menginjak tahun 2019 akhir, aku mulai aktif ngeblog lagi di platform Blogger dengan Blog MySweet.ID berbau Teknologi. Umur blog kurang dari 1 minggu iseng-iseng daftar Adsense eh keterima, tapi sampai sekarang blog masih sepi :v Bingung gimana caranya bikin konten yang menarik. Niatan awal daftar Adsense pengen nabung buat beli laptop baru, tapi mau gimana lagi dah, eksptektasi tak seperti realita ☹

Keterbatasan

Sampai sekarang Aku masih berkutat dengan laptop yang Aku gunakan semenjak tahun 2016, ya namanya laptop kentang ngelagnya minta ampun, belum lagi touchpad mati jadi kepaksa harus siap sedia dengan mouse wireless ketika dibawa. Aku coba muter otak biar gak stuck karena keterbatasan ini. Dan Aku menemukan secerca harapan, yaitu install Linux, per tanggal 1 Februari ini, Aku pake MX-Linux sebagai daily use. Install theme sama icon MacOs karena belum kesampaian buat beli MacBook 😂

Perlahan tapi pasti, Aku mulai meninggalkan ketergantungan dengan OS Windows, alasannya karena merasa hina dengan memasang aplikasi bajakan yang belum mampu dibeli lisensinya. Tapi belum sepenuhnya untuk ditinggalkan, karena sampai sekarang, Microsoft Office belum support di Linux. Jadi masih dual boot antara Linux dan Windows 10. Alasannya, beberapa tugas belum maksimal jika dikerjakan menggunakan LibreOffice, Google Docs atau semacamnya, karena mayoritas sampai sekarang di sekolah masih ketergantungan dengan OS dan Office dari Microsoft.

Pungkasan

Btw, Setidaknya Aku masih bersyukur diberi kesempatan untuk menjalankan hobi ngeblog ini, Semoga setiap 1 minggu sekali Aku bisa update ya! Mengingat sekolahku fullday, jadi jarang banget ada waktu luang buat nulis-nulis gini. Sekian curhatan singkat ini. Semoga kita bisa senantiasa meningkatkan diri untuk jadi pribadi yang lebih baik lagi. ADIOS!!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *