Nikmat Saling Menghargai Pendapat

Hai Kamu, tulisan ini masuk dalam segmen Catatan Konstan (COS). Perbedaan pendapat adalah hal yang biasa, namun menghargai pendapat orang lain juga perlu dibiasakan. Memang awalnya sukar dilakukan, apalagi ketika pendapat itu berlawanan dengan apa yang kamu pikirkan, karena pendapat adalah buah dari wawasan, pandangan serta pengalaman pribadi masing-masing.

Padahal jika ditelusuri lebih mendalam, perbedaan pendapat terkadang memiliki tujuan yang sama sekalipun jalannya berbeda. Tapi kamu sulit untuk menerimanya, hal inilah yang sering menimbulkan perpecahan. Sikap egois dan mau menang sendiri adalah biang keladi dari semua masalah yang terjadi.

Membuang jauh-jauh sikap egois akan mendinginkan suasana, jangan memperkeruh suasana dengan mencaci, mencela dan merendahkan orang lain, karena semua orang punya hak untuk bersuara. Walaupun tingkatan kamu lebih tinggi, belum tentu wawasan kamu lebih luas. Jangan pernah menyudutkan pendapat orang lain hanya karena perbedaan status dan tingkatan.

Jika kamu ingin dihargai, maka hargailah orang lain lebih dahulu. Jangan pernah menuntut jika kamu tidak bisa memberi. Meskipun pendapat yang diberikan salah, cobalah untuk tenang dan mendengarkan. Kamu bisa melemparkan pertanyaan dan sanggahan ketika sudah selesai. Jadi, mulai sekarang buka dirimu untuk menerima pendapat orang lain, setidaknya ada 6 manfaat yang kamu dapatkan jika mampu menghargai pendapat orang lain:

Menambah Wawasan

Ketika kamu menerima pendapat orang lain, pola pikirmu akan lebih berkembang. Lantaran Argumen yang dilontarkan pasti memiliki alasan. Oleh karena itu, jangan menolak pendapat orang lain sebelum sampai pada kesimpulan.

Solidaritas Akan Menguat

Solidaritas akan mengubah pikiranmu bahwa hidup harus mengutamakan tujuan, bukan sekadar kemenangan. Kehidupan akan lebih harmonis dan terhindar dari sikap intoleransi jika mampu menghargai perbedaan utamanya perbedaan pendapat. Membuang rasa acuh tak acuh dan egois akan menjadi pendorong terwujudnya solidaritas dalam kehidupan.

Hidup Menjadi Lebih Tenang

Kunci dari tenangnya hidup adalah mampu menghargai orang lain, karena tidak ada lagi beban dalam pikiran. Kamu bisa lebih fokus dan membuka pandangan lebih luas bahwa kita hidup berdampingan pasti diselimuti dengan perbedaan, hidup pun menjadi lebih nikmat.

Menyatukan Perbedaan

Tanpa kamu sadari, perbedaan menyatukan kita untuk saling menguatkan dan menghindarkan diri dari perpecahan. Meskipun berbeda pandangan, jangan sampai mengesampingkan rasa kemanusiaan dan kebersamaan, karena sejatinya kita adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan.

Orang Lain Akan Menghargai

Hukum tabur tuai selalu berlaku dalam dunia ini, jika kamu ingin dihargai orang lain, maka hargailah orang lain terlebih dahulu. Tak ada salahnya berbuat kebajikan sesuai pepatah jawa yaitu “Sapa Nandur Bakal Ngundhuh”.

Mendewasakan Pikiranmu

Tanpa kamu sadari, perbedaan menyatukan kita untuk saling menguatkan dan menghindarkan diri dari perpecahan. Meskipun berbeda pandangan, jangan sampai mengesampingkan rasa kemanusiaan dan kebersamaan, karena sejatinya kita adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan.

Penutup

Mari mulai saling menghargai pendapat agar hidup lebih nikmat dan bermakna. Jangan lupa baca artikel sebelumnya tentang Jangan Ragu Untuk Bermimpi dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. ADIOS!!!

Tulisan ini merupakan hasil kolaborasi dengan JejakPintar selaku partner blog ini, Kamu juga dapat menemukan tulisan serupa dengan judul Dunia bukan perihal dirimu saja! Menghargai pendapat orang lain itu sangat penting!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *