Istirahatkan Pikiran Dengan Rebahan

Hai Kamu, tulisan ini masuk dalam segmen Catatan Konstan (COS). Hari-hari menyebalkan sering kamu rasakan, entah karena tuntutan atau beban yang berlebihan. Tak ada yang bisa Kamu salahkan, karena Tuhan juga ikut ambil bagian dalam membolak-balikan perasaan. Jadi apa yang bisa Kamu lakukan?

Cobalah untuk istirahatkan pikiran dan rebahkan badan, jangan terlalu memikirkan apa yang sudah terjadi hari ini. Mungkin hari ini Tuhan ingin Kamu beristirahat, menjauhi ambisimu yang terlalu menggebu.

Rebahan bisa menjadi pelarian ketika diri terlalu banyak ditimpa cobaan, tapi tetap atur waktu dan porsimu untuk kembali aktif dan produktif. Jangan jadikan aktivitas rebahan sebagai ajang bermalas-malasan, apalagi membuang waktu berjam-jam hanya sekadar rebahan di ranjang. Banyak waktu yang bisa Kamu manfaatkan untuk hal lain daripada banyak rebahan.

Memang dikala pandemi ini #DiRumahSaja bisa membantu memutus mata rantai COVID-19, tapi bukan untuk rebahan belaka. Cobalah untuk menyusun rencana setelah pandemi ini sirna, dan mengisi waktu di rumah untuk berbincang dengan keluarga serta untuk berolahraga.

Tak selamanya Kamu bisa merasa nyaman, baik rebahan maupun ketika diterpa banyak pekerjaan pasti timbul rasa bosan, sebab sisi lain manusia adalah kurang bersyukur dan tak bisa mengondisikan keadaan. Mulailah menempatkan sesuatu sesuai porsinya, karena jika berlebihan pasti ada efek samping yang harus dirasakan.

Ketika pikiran sudah tak karuan istirahatkan dengan rebahan, karena Ada beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan:

Lebih Mengenal Diri Sendiri

Memiliki waktu senggang adalah sebuah keuntungan bagi kaum rebahan, sebab Kamu bisa lebih mengenal dirimu agar tahu keperluan apa yang sedang Kamu butuhkan.

Ketika sudah mengenal dirimu, Kamu bisa menggali passion dan mencari apa yang sebenarnya Kamu minati. Refleksi diri juga bisa kamu lakukan ketika senggang, sebab mengenal diri lebih jauh bisa menentukan tujuan dan arah hidupmu.

Mengurangi Pengeluaran

Bagi Kamu yang kesulitan menabung, menjalani rebahan bisa menjadi cara efektif untuk menghemat pengeluaran. Dana yang biasanya untuk bepergian bisa Kamu alokasikan untuk hal lain yang lebih penting. Tapi selalu pertimbangkan dengan bijak dan tidak berlebihan agar tak menambah beban.

Menambah Energi

Layaknya BBM pada kendaraan bermotor, tubuhmu selalu perlu energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Tak bisa dibayangkan ketika Kamu memaksa diri melayani tuntutan pekerjaan, Kamu bisa kehabisan energi. Nah, rebahan bisa menjadi obat manjur untuk mengumpulkan energi, setelah dirasa cukup Kamu bisa beraktivitas kembali.

Menghindari Stres

Aktivitasmu tak akan berjalan lancar jika stres melanda, faktor kelelahan juga berperan dalam menyumbang stres. Solusi untuk menghindari stres adalah dengan rebahan.

Menurut para psikolog, rebahan terbukti memberi dampak positif karena membuat tubuhmu rileks dan pikiran akan lebih tenang. Sehingga Kamu bisa berpikir jernih dan terbuka serta terhindar dari serangan stress.

Kreativitas Bertambah

Ide kreatif terkadang muncul tiba-tiba dan tak bisa dipaksa, apalagi ketika tubuh dalam keadaan penat. Rebahan menjadi solusi untuk meningkatkan kretivitas, karena ketika tubuhmu dalam keadaan rileks, Kamu dapat dengan mudah menemukan ide-ide brilian.

Penutup

Pada hakikatnya, Kamu perlu beristirahat sejenak untuk menjauh dari hiruk-pikuknya kehidupan. Rebahan adalah cara alternatif dalam mengistirahatkan pikiran dan tubuh yang sudah kelelahan.

Ingatlah agar tidak memaksakan diri, tetap jalani dan syukuri atas apa yang bisa Kamu lakukan hari ini. Jangan lupa baca artikel sebelumnya tentang Caramu Menghakimi Adalah Cerminan Diri dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. ADIOS!!!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *